Artikel Terbaru

Pengurusan Basic Safety Training (BST) & Buku Pelaut (Seaman’s Book) Bagi Pemula Terbaru

Untuk anda yang sedang mencari pekerjaan sebagai pemula yang ingin bekerja di Kapal Laut baik passenger maupun Cargo anda harus mempunyai Dua dokumen yang wajib dimiliki yaitu sertifikasi BST (Basic Safety Training) dan Juga Buku Pelaut (Seaman's Book). Tergantung dari jenis kapal dan ketentuan posisi yang akan anda lamar, dokumen yang diperlukan akan berbeda. 

Misalnya agen Kapal Pesiar ada yang mensyaratkan untuk memiliki dokumen CCM, SCRB, ANTD/ATTD, dan lainnya tentunya dokumen tersebut harus Anda miliki terlebih dahulu dengan ketentuan yang berlaku. Biasanya anda harus melakukan training pada lembaga khusus yang menerbitkan sertifikasi yang dimaksud.

Pengurusan Basic Safety Training (BST) & Buku Pelaut (Seaman’s Book) Bagi Pemula Terbaru
Buku Pelaut/Seaman Book

Pada umumnya BST dan Buku pelaut saja sudah cukup sebagai syarat awal untuk melamar pekerjaan di Kapal Pesiar. Bagi yang belum memiliki syarat tersebut bisa mendapatkan di institusi-institusi seperti PIP Semarang, BP2IP Surabaya, Pertamina, Focus dan lainnya dengan cara mendaftar langsung ke tempat tersebut. Lama Pendidikan yang harus dijalani biasanya selama satu minggu.

Berikut Syarat-syarat yang harus disiapkan untuk mendapatkan BST dan Buku Pelaut Terbaru:


  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) Asli -siapkan juga fotokopinya
  • Usia minimum 18 tahun
  • Surat keterangan tidak buta warna (dari dokter/RS/Puskesmas)
  • Fotokopi kartu Keluarga
  • Fotokopi Akte Kelahiran
  • Fotokopi Ijazah pendidikan terakhir
  • SKCK asli
  • Pas foto 5×5 sebanyak 4 lembar dengan menggunakan kemeja putih tanpa dasi dan jas ; background biru untuk hotel dan deck department, background merah untuk engine department
  • Kesiapan fisik dan mental untuk mengikuti proses pelatihan


Keterangan:

Siapkan syarat-syarat dokumen diatas rangkap 2

Semua biaya pelatihan dibayar dimuka (variatif tergantung institusi yang Anda pilih)

Setelah sertifikat BST diterbitkan, selanjutnya digunakan untuk membuat Buku Pelaut di kantor syahbandar pelabuhan yang ditunjuk.

Beberapa materi dalam pelatihan untuk mendapatkan sertifikat BST antara lain: dasar-dasar keselamatan, petunjuk keselamatan, prinsip bertahan hidup di laut, menghadapi keadaan darurat (kebakaran, tenggelam, faktor manusia, faktor teknis dsb), penyelamatan awak, alat-alat keselamatan, isyarat bahaya, evakuasi, dan lain-lain.

Sertifikat BST yang sudah jadi selanjutnya akan digunakan untuk membuat Buku Pelaut di Syahbandar pelabuhan terkait. Waktu yang diperlukan untuk proses  BST dan Buku pelaut bervariasi antara 2 minggu sampai 1 bulan.

Jika BST (Basic Safety Training) dan Buku Pelaut sudah siap, bisa digunakan untuk melamar di Kapal Pesiar. Disamping syarat-syarat lain yang harus terpenuhi sesuai dengan posisi kerja yang dilamar.

Demikian petunjuk mengurus dokumen buku pelaut dan BST (basic safety training) semoga berguna. Jangan Lupa untuk membaca juga artikel mengenai bagaimana mengurus paspor terbaru.

14 Responses to "Pengurusan Basic Safety Training (BST) & Buku Pelaut (Seaman’s Book) Bagi Pemula Terbaru"

  1. saya mau tanya, kalau lulusan SMK bisa tidak mengurus BST & Buku Pelaut tanpa harus sekolah di pendidikan pelayaran ?
    mohon infonya...

    ReplyDelete
  2. saya mau tanya klo izasa sd sma akte kelahiran itu bisa ga ambil bst

    ReplyDelete
  3. saya mau tanya klo izasah sd sma ga ada akte kelahiran bisa ga kita ambol bst

    ReplyDelete
  4. Apakah bikin bst harus bisa berenang?

    ReplyDelete
  5. bg umur saya masih 17 tapi dh ada ktp, apa bisa juga ambil bst ?

    ReplyDelete
  6. bg umur saya masih 17 tapi dh ada ktp, apa bisa juga ambil bst ?

    ReplyDelete
  7. Bang,gimana caranya updating BST,yg keluaran thn 2003,di stip.apa bisa dikirim lewat teman utk ngurus,soalnya saya tinggal Dibatam,dan kerja tak bisa ditinggalin,mohon bantuannya.thanks

    ReplyDelete
  8. Bang,gimana caranya updating BST,yg keluaran thn 2003,di stip.apa bisa dikirim lewat teman utk ngurus,soalnya saya tinggal Dibatam,dan kerja tak bisa ditinggalin,mohon bantuannya.thanks

    ReplyDelete
  9. saya mau tanya proses training tuk kelas BST nya berapa lama ya ? Terimakasih :)

    ReplyDelete
  10. bang kalau pendidikan ambil sertifkat BST itu brpa lama ya?

    ReplyDelete
  11. info yang bisa dihubungi email yova.ardian@gmail.com

    ReplyDelete