Artikel Terbaru

CARA MENGURUS VISA SCHENGEN MELALUI PERANCIS

CARA MENGURUS VISA SCHENGEN MELALUI PERANCIS

Perancis sebuah negara di Eropa Barat yang ketika namanya disebutkan terbayang keelokan kota Paris dengan menara Eiffelnya dan Gedung-gedung tua warisan sejarah  berjajar rapi menghiasi kota. Perancis merupakan salah satu negara dengan penghasilan terbesarnya berasal dari sektor turisme. 75 juta wisatawan asing mengunjungi negeri romantis ini setiap tahunnya.  Agar dapat menjejakkan kaki di negeri Napolen dibutuhkan visa.

CARA MENGURUS VISA SCHENGEN MELALUI PERANCIS


Jenis Visa disesuaikan dengan tujuan kedatangan, misalnya Visa Student, Visa Turis, Visa Bekerja, Visa karena pasangannya orang Perancis, Visa keluarga dll… Jenis Visa inilah yang menentukan dokumen-dokumen apa saja yang harus dipenuhi. Mari kita lihat prosedur untuk membuat Visa Schengen Melalui Perancis, secara garis besar ada 2 tipe Visa :

1) Visa yang diurus langsung ke Kedutaan Besar Perancis seperti Visa Pelajar
2) Visa yang diurus melalui Agen TLScontact misal Visa Turis

Mulai Tanggal 6 November 2013, Kedubes Perancis di Jakarta akan mengumpulkan data biometrik untuk setiap aplikasi visa. Tulisan ini akan membahas cara mengajukan Visa Schengen via Perancis secara umum.

DOKUMEN YANG DIBUTUHKAN :

Foto yang sama dan baru 2 lembar dengan ketentuan : Ukuran 3.5cm x 4.5cm, foto berwarna dengan latar belakang putih, diambil dalam 6 bulan terakhir. Foto Boleh menggunakan jilbab

Tiket perjalanan pulang pergi dari Indonesia (fotokopi)

Fotocopy Asuransi perjalanan. yaitu Assuransi yang mempunyai nilai pertanggungan minimal sejumlah 30,000 Euro.

Jika nilai tukar 1 Euro = IDR 15.000 ; maka nilai pertanggungan 30,000 euro = IDR 450,000,000

Daftar Asuransi yang diterima untuk aplikasi visa  LogoPDFHarga premi assuransi tergantung lamanya perjalanan.

Pengesahan tempat penginapan lihat point 31 pada formulir:  (a) bagi yang menginap di kerabat menggunakan Attestation d’accueil dari Mairie/ Kantor Walikota (b) bagi yang menginap di hotel memberikan fotocopy pemesanan hotel selama kunjungan di daerah Schengen (pemesanan lewat Internet tanpa jaminan kartu kredit tidak bisa diterima)

Bukti hubungan antara pelamar dengan yang mengundang lihat point 32 dan 34 pada formulir jika hubungannya : Child/anak menggunakan akte kelahiran

Rekening bank pribadi yang menyatakan jumlah dana di akun tersebut, asli (atau, bila diperlukan, rekening bank dari yang menjamin) lihat point 33 pada formulir.

Sertifikat kerja dalam bahasa Inggris/Perancis lihat point 19 pada formulir  atau surat keterangan dari kantor /instansi ( Sertifikat asli dari perusahaan yang menyatakan nama dan jabatan pelamar, tanggal mulai kerja, gaji, ijin absen, dan pihak yang bertanggung jawab atas pengeluaran selama perjalanan.

Dalam dokumen harus tertera alamat, nomor telepon dan fax perusahaan,cap perusahaan, dan tanda tangan yang mengeluarkan sertifikat ini.) Contoh surat keterangan kerja. bagi yang sudah pensiun harus melampirkan Surat Keterangan (SK) Pensiun

Slip gaji 3 bulan terakhir, fotokopi (dalam bahasa Inggris/Perancis)

Kartu keluarga dan tempat tinggal yang terdaftar, fotokopy. perhatikan point 17 dalam formulir

Paspor asli  dan fotocopy (Paspor pribadi nasional atau dokumen perjalanan yang resmi dengan tanggal berlaku lebih dari 3 bulan lewat dari tanggal berlaku visa yang diminta, dengan 2 halaman kosong untuk dimana visa stiker akan ditempel (tertera tulisan “Visa” )

Paspor lama jika ada

LANGKAH YANG DILAKUKAN:

Memasukkan aplikasi visa paling awal 90 hari sebelum tanggal keberangkatan dan paling akhir 20 hari sebelum  Mengajukan permohonan via Kedubes Perancis dan melalui TSLContact  INSCRIRE (en français) Atau DAFTAR (Bahasa Indonesia)

Pilih salah satu tanggal untuk wawancara

Ikuti Langkah-langkah yang diberikan TSL :

Membayar biaya 60 € untuk visa jangka pendek  dan 25 € biaya pelayanannya

TRIK-TRIK AGAR APLIKASI DITERIMA

Terkait point 33 pada formulir dan rekening pribadi ini adalahUang jaminan, artinya anda akan pulang ke Indonesia, dan tidak akan terlantar selama perjalanan untuk itu semakin besar akan semakin besar peluang untuk diterima. Kalkulasi yang dapat anda hitung : (Biaya Penginapan+Biaya Makan+Biaya masuk tempat wisat+Biaya Transport /hari) x selama ada di Negara Schengen, lihat point 25 pada formulir

Bagi yang ke TSL, hindari jadwal padat saat mengajukan aplikasi , misal saat libur anak sekolah, libur natal/akhir tahun karena antrian sangat panjang, sehingga anda akan kesulitan untuk mendapatkan janji bertemu TSLContactnya

Bagi yang ke Kedubes Langsung, datanglah sepagi mungkin karena kantor pelayanan hanya buka sampai tengah hari, karena sore hari untuk pengambilan visa.

Jika ada kenalan yang dapat mengundang, surat undangan bisa menjadi surat sakti, yang memperlancar proses permohonan. Bagi pelajar yang orang tuanya akan menjenguk, lampirkan Attestation Scolarité anda.

Untuk syarat pengesahan tempat tinggal, meskipun akan menginap di tempat saudara lebih baik menggunakan Hotel dan pilihlah hotel ternama namun memberikan pelayanan Pembatalan Gratis. Untuk cari Hotel bisa via situs booking.com

Pengurusan Attestation D’accueil membutuhkan waktu dan biaya 30€ dengan ada kemungkinan ditolak.  Untuk Attestation d’Accueil harus memperhatikan luas ruangan 1 orang 9m2 jadi dikalian jumlah orang, dan pihak Mairie akan datang untuk mengecek kelayakan dan kenyamanan tempat tinggal anda.

Jika mengurus sendiri susah bisa via Agen Perjalanan /Tour/ Travel Agency dengan biaya jasa sekitar 1,5 juta atau tergantung tarif masing-masing agent..

PERTANYAAN SEPUTAR PENGAJUAN VISA

Jika Visa ditolak, apakah biaya yang dibayarkan dapat ditarik kembali? TIDAK

Berapakah biaya Asuransi Perjalanan? tergantung perusahaan yang anda gunakan, kisarannya 1,5 juta – 3 juta atau tergantung lamanya perjalanan dan perusahaan yang digunakan.

referensi : https://ariefitria.wordpress.com/2013/11/17/cara-mengurus-visa-ke-perancis/

0 Response to "CARA MENGURUS VISA SCHENGEN MELALUI PERANCIS"

Post a Comment