Artikel Terbaru

Tata Cara Pendaftaran Sekolah Secara Online Bagian 1

Tata Cara Pendaftaran Sekolah Secara Online - Pendaftaran sekolah sekarang bisa dilakukan secara online, dan bisa disesuaikan dengan kota dimana anda berada. 

Untuk mendaftar sekolah secara online terlebih dahulu kunjungi situs : http://siap-ppdb.com/. Setelah itu, klik kota yang dituju. Apabila si anak berdomisili di Jakarta dan bermaksud sekolah di Jakarta juga, silahkan mengeklik pilihan “Provinsi DKI Jakarta”. Jika daerah sekolah yang dituju Bogor maka pilihlah kota Bogor, dan seterusnya.

Berikut ialah tampilan laman web nya :

ppdb online
ppdb online

Sesuai dengan domisili si anak di Jakarta dan bermaksud sekolah (SMP) di Jakarta juga, maka klik pilihan yang paling atas (PPDB SMP - “Domisili Dalam DKI”).

Selanjutnya akan tampil halaman sebagai berikut :

ppdb online
ppdb online


Terlebih dulu harus memiliki akun PPDB Online. Karena itu mendaftarlah terlebih dahulu dengan mengeklik pilihan “Masukkan data“.

Berikutnya muncul jendela dialog yang meminta kita memasukkan Nomor Peserta Ujian Nasional dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) untuk membuat Akun PPDB sebagai berikut : 

ppdb online
ppdb online

Yang harus diperhatikan adalah dalam hal ini adalah:

Nomor Peserta Ujian Nasional hanya diisi sebanyak 12 angka terakhir dan penulisannya tidak perlu menggunakan spasi atau tanda strip.  Sementara untuk NIK, kita bisa mengetahuinya dari Kartu Keluarga. Jangan lupa, NIK di sini maksudnya NIK si anak ybs.

Terakhir, masukkan Kode Gambar sesuai angka yang tampil (tanpa spasi), kemudian klik tombol “Lanjut“. Sistem akan menampilkan data diri si anak berikut hasil nilai Ujian Nasionalnya.

Kemudian kita diminta melengkapi data seperti nama & nomor telepon orang tua, nomor dokumen Akta Kelahiran si anak, dsb. Sayang saya tidak sempat meng-capture tampilan halaman tersebut.

Terakhir, muncul jendela dialog yang menyatakan bahwa pembuatan akun PPDB berhasil dilakukan. Pilih pilihan “Cetak Tanda Bukti Pengajuan“.

Inilah formulir Tanda Bukti Pengajuan Akun PPDB sbb:

ppdb online
ppdb online
Setelah dicetak, formulir tersebut ditandatangani si anak dan orang tuanya untuk kemudian - menurut informasi - dibawa ke sekolah tujuan atau sekolah terdekat untuk diverifikasi dan mendapat PIN. Gunakan PIN tersebut untuk mengaktivasi akun PPDB yang sudah dibuat.

ppdb online
ppdb online

Selanjutnya dengan akun PPDB, kita bisa melakukan pendaftaran sekolah via online.  Bagaimana teknisnya akan dibahas disini

Semoga tulisan ini bermanfaat dan membantu mengurangi kerumitan para orang tua dalam mendaftarkan sekolah untuk putra-putrinya menggunakan sistem online

0 Response to "Tata Cara Pendaftaran Sekolah Secara Online Bagian 1"

Post a Comment